May 16, 2021

Mertua Anas Urbaningrum Ucapan Belasungkawa Ma’ruf Amin Atas Wafatnya KH Atabik Ali

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin, mengucapkan duka cita yang mendalam atas meninggalnya KH Atabik Ali, pengasuh Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta, Sabtu (6/2/2021) siang di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. "Bagi KH Ma’ruf, KH Atabik Ali adalah sahabat lama," ujar Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi, dalam keterangan yang diterima, Minggu (7/2/2021). Masduki mengatakan, Ma’ruf bersama istrinya Wury Estu Handayani sempat mengunjungi Pesantren Krapyak Yogyakarta pada 14 Oktober 2018 lalu.

Saat itu, KH Atabik Ali yang tengah terbaring sakit. Di situ, Wapres mendoakan kesembuhan sahabatnya yang tengah menderita stroke. "Wapres juga mengenal baik ayah KH Atabik, KH Ali Maksum, yang pernah menjadi Rais Aam NU, seperti halnya Wapres," tambahnya. "Wapres berdoa semoga almarhum mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT," kata Masduki.

KH Atabik diketahui merupakan mertua dari mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum. "Iya mas, benar," kata Ketua Tanfidziyah PCNU Kota Yogyakarta, Yazid Afandi saat dihubungi wartawan melalui telepon, Sabtu. Menurut Yazid, KH Atabik sudah lama sakit, dan keseharian menggunakan kursi roda.

Terakhir, Yazid bertemu KH Atabik setahun yang lalu. Yazid mengatakan, KH Atabik Ali adalah sosok yang sangat peduli dengan dunia pendidikan dan pengembangan pesantren. "Beliau sudah agak lama sakit. Saya tidak begitu paham sakitnya," kata Yazid.

Terpisah, salah seorang menantu Atabik Ali, Khoirul Huda mengatakan, Atabik meninggal dunia di RS PKU Muhhamadiyah setelah dua hari dirawat. Sebelum dirawat, tidak ada keluhan sakit meski sudah delapan tahun mengalami stroke. "Ya, sepuh, tapi kan kondisi corona sehingga kemarin dites. Sudah delapan tahun stroke itu yang dominan, dites belum keluar masih menunggu. Tetep protokol situasi seperti ini, tetapi hasilnya belum keluar," kata Khoirul.

Rencananya, jenazah akan dimakamkan di pemakaman keluarga di Dongkelan, Kauman, Tirtonirmolo, Kapanewon Kasihan, Bantul. KH Atabik meninggalkan dua putri dan enam cucu. Putri kedua merupakan istri dari Anas Urbaningrum.

Anas dan Athiyyah Laila memiliki empat anak. Jabatan terakhir KH Atabik adalah pengasuh Pondok Pesantren Ali Maksum di Krapyak Bantul. Pengasuh Pondok Pesantren Ali Maksum, Krapyak, Kapanewon Sewon, Bantul, KH Atabik Ali meninggal dunia, Sabtu (6/2/2021).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *