November 28, 2022

Mengenal 10 Bagian Konstruksi pada Bangunan Rumah

Ketika berencana untuk membangun rumah, tentu Anda harus tahu hal-hal yang berhubungan dengan konstruksi bangunan. Konstruksi yang baik akan memengaruhi ketahanan dan tampilan rumah. Selain itu, pemilihan material sebagai dasar pembuatan konstruksi bangunan pun harus diperhitungkan. Pilihlah bahan berkualitas sesuai budget Anda. Penting juga mengetahui harganya, berapa harga semen, beton, batu bata, baja ringan, pipa pvc, dan lain sebagainya. Sehingga tidak over budget.

 

Inilah Bagian Konstruksi pada Bangunan Rumah yang Penting untuk Anda Ketahui

Bangunan yang kokoh pastinya mempunyai konstruksi yang dibuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi. Lantas apa saja bagian konstruksi yang terdapat pada bangunan rumah?

1.     Fondasi

Anda tentu tidak asing mendengar struktur konstruksi bangunan yang satu ini. Fondasi terletak di bagian paling bawah bangunan dan menempel langsung pada tanah keras. Fungsinya selain menopang bangunan supaya berdiri kuat, mencegah terjadinya pergeseran bangunan, juga memindahkan beban bangunan ke tanah keras di sekitar.

2.     Balok Sloof

Selanjutnya ada balok sloof yang biasanya terletak dekat fondasi. Mempunyai fungsi yang tidak kalah penting dengan fondasi, balok sloof dapat menghubungkan tiap-tiap kolom di bagian bawah, menahan beban bangunan, hingga meminimalkan terjadinya penurunan.

3.     Kolom

Kolom atau disebut juga dengan ring balok bentuknya mirip tiang dan ada di antara tiap-tiap dinding yang berbeda. Kegunaan dari kolom ialah untuk meneruskan beban keseluruhan bangunan ke fondasi sehingga rumah tetap berdiri kokoh.

4.     Dinding

Bukan sebatas penutup interior, dinding juga digunakan sebagai sekat atau partisi tiap-tiap ruangan di rumah. Untuk struktur yang berada di tengah, dinding ini bisa menahan beban konstruksi atas yaitu langit-langit juga atap.

5.     Ventilasi

Ventilasi memungkinkan sirkulasi udara di rumah berjalan dengan baik. Bukan hanya lubang udara, jendela dan pintu pun termasuk bagian dari ventilasi rumah.

6.     Balok Latei

Balok latei disebut juga balok lintel. Ini merupakan salah satu bagian konstruksi bangunan yang menempel tepat di atas jendela serta pintu. Fungsinya supaya kusen tidak langsung menerima beban struktur atas. Selain itu, balok latei juga mengurangi tekanan bingkai jendela bagian atas sehingga tidak pecah maupun melengkung bahkan saat gempa terjadi.

7.     Lantai

Lantai ialah salah satu bagian penting dari sebuah rumah yang membuat hunian semakin indah dan tak monoton. Pilihlah corak atau jenis lantai yang sesuai konsep rumah Anda.

8.     Jendela dan Pintu

Seperti telah dibahas sebelumnya, jendela dan pintu termasuk bagian ventilasi. Namun, sebenarnya adanya jendela serta pintu juga dapat berpengaruh terhadap keindahan hunian. Oleh sebab itu, pilih model jendela maupun pintu sesuai desain bangunan. Tak lupa perhatikan pula ketahanannya.

9.     Rangka Atap

Rangka yang sering disebut dengan kuda-kuda berguna menopang bagian atap dari genteng sampai dengan reng. Umumnya kuda-kuda terbuat dari kayu, tetapi saat ini sudah ada rangka atap yang berbahan baja ringan.

10.                        Atap

Atap adalah bagian paling atas konstruksi bangunan. Gunanya tak lain untuk melindungi seluruh rumah dari cuaca (panas, angin kencang, dan hujan) sehingga tidak sampai masuk ke bagian dalam.

Bagian-bagian konstruksi bangunan rumah memang harus dibuat sebaik mungkin. Jangan asal menggunakan bahan bangunan yang menyebabkan struktur mudah roboh. Anda bisa mencari berbagai kebutuhan bahan bangunan di  https://scgcbm.id/. Pilihan terbaik untuk konstruksi seperti semen, bata ringan, pipa beton, mortar, beton readymix, beton pracetak, beton instan, pipa pvc, hingga fitting tersedia. Untuk membuat fondasi misalnya, Anda harus memakai semen berkualitas prima sebab inilah dasar bangunan dan penopang bawah. Semen SCG OPC diformulasikan khusus untuk membuat konstruksi yang memerlukan kekuatan tinggi seperti fondasi, kolom, balok, hingga lantai. Semen SCG OPC Type I ini  mempunyai kuat tekan optimal sehingga konstruksi pun akan kokoh dan tahan lama.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *