July 29, 2021

hingga Kontestan Indonesian Idol Pakai Masker Kini Host Maia Kena Covid-19 Ari Lasso Boy William

Bekerja di masa pandemi tentu bukan hal yang mudah, berbagai protokol kesehatan harus dijalani. Namum meskipun sudah di jalani masih ada beberapa yang terpapar Covid 19. Para punggawa Indonesian Idol Spesial Season, mulai dari host yakni Boy William hingga dua dewan jurinya yaitu Maia Estianty dan Ari Lasso sempat terpapar Covid 19.

Judika dan Anang Hermansyah yang masih bertahan di kursi juri tanpa digantikan. Sementara Rossa, Maia Estianty dan Ari Lasso beberapa kali sempat digantikan posisinya oleh juri pengganti. Jika Maia dan Ari Lasso karena terpapar virus corona, Rossa belum terkonfirmasi karena apa berhalangan hadir di Indonesian Idol.

Nah, bagaimana cerita para juri dan juri Indonesian Idol terpapar covid 19? Berikut ulasannya. Boy William yang pertana kali mengumumkan dan terdeteksi terpapar Covid 19. Ia dinyatakan positif pada malam pergantian tahun, posisinya sebagai host pun sempat digantikan oleh Daniel Mananta.

Boy William dinyatakan positif Covid 19 setelah melakukan swab test PCR ketika hendak pergi ke Bali. Bahkan Boy merasa dirinya tak ada gejala apapun sebelum akhirnya dinyatakan positif Covid 19 pada Desember 2020 lalu. "Aku enggak ada (gejala) apa apa, setelah baru (dinyatakan positif Covid 19) deh aku meriang badannya, merinding. Mulai enggak enak badan, langsung ke rumah sakit," ucap Boy.

Ia menceritakan bagaimana pengalmannya menjalani karantina di rumah sakit yang cukup membuatnya jenuh "Ah aku kan karantina di rumah sakit, enggak bisa ketemu keluarga, jendelanya enggak ada, jendela kan bisa lihat keluar. Ini jendelanya yang butek. Kita cuma tahu kapan malam kapan siang," kata Boy. Saat ini, Boy William sudah kembali sehat dan sudah menjalankan aktivitas normalnya kembali. Ia juga sudah kembali tampil menjadi pembawa acara Indonesian Idol Spesial Season.

Salah satu juri di Indonesian Idol Spesial Season, Maia Estianty mengaku sempat terinfeksi Covid 19. Musisi 44 tahun ini harus berpisah sementara dengan suami, Irwan Mussry, ia harus menjalani isolasi mandiri di rumahnya kawasan Pejaten, Jakarta Selatan. "Aku memutuskan untuk isolasi di rumah Pejaten di kamar Al Gahazali yang kosong ini. Lumayan lengkap ada laptop, komputer, ada tv, ada balkon di luarnya," kata Maia, dikutip dari vlog miliknya Kamis (31/12/2020).

Maia bercerita sebelum kumpul bersama teman temannya, ia sempat melakukan swab antigen dan dinyatakan negatif virus Covid 19. "Awal mula kena, hari Kamis tanggal 17 Desember 2020 swab PCR menunjukkan hasil negatif. Pergi makan malam bersama teman temannya, yang juga diawali dengan swab antigen dengan hasil negatif," ucap Maia. "Tiga hari kemudian karena aku ada kewajiban untuk kebutuhan syuting dan sebagai juri Indonesian Idol, swab lagi Minggu. Nah pada saat Minggu itu aku terdeteksi divonis positif Covid 19. Aku kaget, 'Darimana? Karena Kamis masih negatif (melalui swab antigen), kenapa jadi positif? Dari siapa ya?' gitu," jelas Maia.

Tak butuh waktu lama hanya tiga hari dirinya sudah dinyatakan negati, namun ia masih menunggu dan melanjutkan isolasi beberapa hari kemudian sebelum beraktivitas. Saat absen menjadi juri Indonesian Idol Spesial Season, posisi Maia Estianty digantikan oleh Titi DJ di kursi juri. Sempat lama tak muncul sebagai juri Indonesian Idol Spesial Season, Ari Lasso rupanya sempat dinyatakan positif Covid 19.

Ari Lasso mengakui hal tersebut dan menyebut bahwa dirinya kini sudah sembuh tinggal jalani masa pemulihan saja. "Kita bertiga, saya Ari Lasso, ini Pak Yuyun, dan ini pemain bass Ari Lasso, kita bertiga penyintas Covid 19. Ya benar, memang gue kena covid," ungkap Ari Lasso seperti dikutip dari kanal YouTube nya, Senin (8/2/2021). Ari Lasso terpapar Covid 19 usai tampil mengisi acara di sebuah stasiun televisi. Setelah empat hari kemudian, Yuyun rekan Ari Lasso mengeluh tidak enak badan dan flu.

"Kita berkomitmen siapapun yang positif, harus segera bilang supaya yang lain merasa berkontak erat bisa melakukan PCR. Apalagi Yuyun mengumumkan itu dua hari setelah kita manggung bareng," ujar Ari Lasso. Setelah Yuyun memberikan pengumuman bahwa dirinya positif, Ari Lasso mengatakan pada suatu pagi dia mengalami meriang yang diklaim seperti biasanya dengan suhu badan 36,8 derajat hingga 36,9 derajat "Besoknya sudah mulai di atas 37 (derajat). 'Kalau sampai subuh masih berlanjut, aku mulai curiga', ternyata benar, besoknya masih demam dan makin tinggi," kata Ari Lasso.

"Di hari itu enggak demam, tapi aku sudah siap untuk isoman. Selama isoman itulah aku ternyata, hasil CT aku 15,9 dan 16,9," ujar Ari Lasso. Ari Lasso selama 4 pekan tidak muncul sebagai salah satu juri utama Indonesian Idol Special Seasons. Posisi Ari Lasso pun digantikan oleh vokalis grup band Slank, Akhadi Wira Satriaji atau yang akrab disapa Kaka sebagai juri tamu di ajang tersebut.

Dilansir Kompas.com sejak Senin (18/1/2021) lalu, Panggung Indonesian Idol babak Spektakuler Show berbeda. Seluruh pengisi acara Indonesian Idol Special Season, mulai dari para juri, host dan kontestan yang tampil harus mengenakan masker. Aturan pemakaian masker saat tampil di acara televisi sesuai dengan aturan baru hasil koordinasi KPI dan Satgas Penanganan Covid 19.

Disebutkan bahwa face shield saja tak mampu mencegah penularan. Sebab itu, KPI mewajibkan semua artis yang tampil di program televisi untuk memakai masker. Para kontestan menggunakan masker sebelum tampil, melepas ketika bernyanyi, dan kembali memakai masker setelah menyelesaikannya. "Seluruh kru dan pengisi acara kali ini sudah menerapkan standar kesehatan dan juga protokol yang diterapkan pemerintah," ujar Boy William, dalam tayangan di RCTI, Senin.

Selain seluruh kru dan pengisi acara yang berada di dalam studio, protokol kesehatan juga diterapkan di sekitar studio untuk menjaga tetap aman dari virus corona. Juri Indonesian Idol, Maia Estianty, menjelaskan bahwa seluruh pengisi acara Indonesia Idol selalu menjalani tes PCR setiap minggunya. "Aku kasih tahu juga sebenarnya kita setiap minggunya sudah melewati PCR swab, supaya kita semua aman, itu informasi juga untuk masyarakat kalau kita lewati tes prokotol dengan tes PCR setiap minggu," ujar Maia Estianty.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *