May 17, 2021

Contoh Perubahan Energi Kimia Menjadi Energi Gerak Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 Halaman 67 68 70 71

Inilah jawaban soal contoh perubahan energi kimia menjadi energi gerak di Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 Kelas III SD/MI Tema 6. Soal tersebut, termasuk dalam Buku Tematik Kelas 3 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 2. Buku Tematik Kelas 3 Tema 6 ini berjudul Energi dan Perubahannya.

Sementara Subtema 2 mempelajari tema berkaitan Perubahan Energi. Dalam artikel, terdapat kunci jawaban halaman 67, 68, 70, dan 71 untuk Pembelajaran 2. Pembahasan Buku Tematik Tema 6 Kelas 3 ini hanya sebagai panduan bagi orang tua dalam membimbing anak belajar.

Energi gerak dibutuhkan saat kita melakukan aktivitas. Energi gerak tubuh berasal dari energi kimia pada makanan. Tubuh yang selalu digerakkan dengan teratur akan terjaga kesehatannya. Senam irama merupakan contoh gerakan tubuh yang menyehatkan. Pada pelajaran lalu, kalian sudah melakukan kombinasi gerak berjalan, menekuk, dan mengayun. Kali ini kalian akan melakukan kombinasi gerak berjalan, meliuk, dan mengayun. Ayo berlatih gerakan berjalan, meliuk, dan mengayun. Tunjukkan keberanian dan rasa percaya dirimu. Perhatikan petunjuk cara melakukan gerakan tersebut.

Peganglah bola dengan tangan kanan. Kemudian, lakukan gerakan berjalan 2 langkah. Selanjutnya, lakukan gerakan meliukkan badan sambil mengayunkan bola. Perhatikan gambar berikut! Gerakan berjalan, meliuk, dan mengayun.

Selesai latihan, jangan lupa melakukan pendinginan. Setelah itu, kalian dapat melanjutkan kegiatan. Setelah melakukan kegiatan jasmani, badan kita akan terasa lelah. Energi perlu dikembalikan lagi. Istirahat sejenak dan minum air putih dapat menyegarkan kembali tubuh kita. Perubahan energi bukan hanya terjadi di dalam tubuh manusia. Perubahan energi dapat dilihat pada peralatan yang kita gunakan sehari hari. Pelajarilah lebih lanjut contoh perubahan energi.

A. Perubahan energi listrik menjadi energi panas Peristiwa perubahan energi ini dapat terjadi pada setrika listrik. Saat kabel setrika diberi aliran listrik, seketika itu energi listrik berubah menjadi energi panas.

Peristiwa yang sama juga terjadi pada kompor listrik dan penanak nasi listrik. B. Perubahan Energi Listrik Menjadi Energi Gerak Perubahan energi lainnya adalah perubahan energi listrik menjadi energi gerak.

Lihatlah alat alat berikut: Kipas angin Alat bertenaga listrik untuk melumatkan buah, makanan atau menghaluskan bumbu

Saat menggunakan peralatan tersebut, terjadi perubahan energi listrik menjadi energi gerak. C. Perubahan Energi Kimia Menjadi Energi Panas Contoh perubahan energi kimia menjadi energi panas dapat dilihat pada kompor minyak tanah.

Sebelum digunakan kompor diisi dengan minyak tanah terlebih dahulu. Kompor dinyalakan dengan api, timbullah panas. Dengan energi panas itu kita dapat memasak nasi, memasak air, menggoreng ikan, dan lain lain.

Energi kimia lainnya adalah gas. Gas dapat digunakan untuk menyalakan kompor. Saat kompor gas menyala terjadi perubahan energi kimia menjadi energi panas.

D. Perubahan Energi Gerak Menjadi Energi Bunyi Contoh perubahan energi gerak menjadi energi bunyi dapat kita lihat saat seorang pemain drum memainkan alat musik drumnya. Ia menggunakan energi geraknya untuk membunyikan drum.

Contoh lainnya yaitu saat kentongan dipukul. Energi gerak pemukul kentongan berubah menjadi energi bunyi. Kalian telah mempelajari informasi tentang perubahan energi.

Ceritakan kembali apa yang sudah kalian pelajari kepada teman dan gurumu! Jawablah pertanyaan pertanyaan berikut ini! 1. Perubahan energi apakah yang terjadi pada tubuh kita, jelaskan!

Jawab: Perubahan energi kimia menjadi energi gerak. Makanan diubah menjadi sari sari makanan, kemudian oleh tubuh diubah menjadi energi gerak.

2. Jelaskan contoh perubahan energi listrik menjadi energi panas? Jawab: Setrika listrik, ketika kita mau menggosok pakaian menggunakan setrika maka menghasilkan energi panas untuk menggosok pakaian.

3. Perubahan energi apa yang terjadi saat kita menyalakan kipas angin? Jawab: Perubahan energi listrik menjadi energi gerak.

4. Berikan contoh perubahan energi kimia menjadi energi gerak! Jawab: Contohnya, ketika berolahraga.

Energi kimia dari bahan makanan digunakan untuk menggerakkan anggota badan. 5. Saat temanmu memainkan rebana, perubahan energi apa yang terjadi? Jawab:

Energi gerak menjadi energi bunyi. Tuhan Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Karena kasih sayangnya kita semua dapat hidup. Energi adalah nikmat Tuhan yang berguna bagi kelangsungan hidup. Semua orang berhak memanfaatkan energi yang sudah dianugerahkan Nya. Kita berhak menggunakan energi tersebut. Tapi kita juga memiliki kewajiban terhadap energi. Kita wajib menggunakan energi dengan bijak. Energi di dalam tubuh harus digunakan untuk sesuatu yang baik dan bermanfaat.

Contoh seseorang yang memanfaatkan energi untuk hal yang bermanfaat. Contohnya seorang guru. Ia mengeluarkan energinya untuk mengajar. Ia curahkan tenaga agar murid muridnya menjadi cerdas dan terampil. Manfaat energi dalam kehidupan. Guru berharap kelak murid muridnya menjadi orang yang berguna. Demikian juga seorang petani. Ia menggarap sawahnya dengan sekuat tenaga. Energinya digunakan untuk mencangkul dan menanam padi di sawah. Di bawah terik matahari yang menyengat dia tetap bekerja. Petani berharap sawah yang digarapnya akan menghasilkan padi yang bagus. Banyak orang membutuhkan padi untuk kebutuhan hidup. Padi digiling menjadi beras. Beras dimasak lalu dimakan.

Menggunakan energi untuk hal yang berguna merupakan suatu kewajiban. Jangan menggunakan energi untuk hal yang tidak berguna. Misalnya tenaga seseorang yang kuat digunakan untuk berkelahi. Energi bunyi dari radio digunakan untuk mengganggu orang lain. Atau energi panas api digunakan untuk main petasan. Bagaimana pendapatmu jika ada orang yang menggunakan energi untuk hal yang tidak baik? Apa yang akan kamu lakukan terhadap orang tersebut? Tuliskan pendapatmu di bawah ini! Jawab:

Menurut saya jika ada orang yang menggunakan energi untuk hal yang tidak baik sebaiknya dinasehati. Lebih baik tidak mengikuti tindakan orang tersebut. Energi yang digunakan harus digunakan untuk hal kebaikan dan bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Orang tua mengajak siswa menuliskan daftar perilaku yang harus ditunjukkan dalam menggunakan energi di rumah. Jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak. Jawaban dapat berbeda sesuai pendapat dan tidak terpaku seperti di atas.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *