August 12, 2022

Cara merawat AC mobil agar tetap awet

AC mobil merupakan salah satu mesin yang sangat penting untuk kamu perhatikan. Bagaimana tidak, mobil memang di desain sedemikian rupa dengan kabin mobil yang tertutup agar penumpang dapat melakukan perjalanan dengan lebih nyaman. Tidak heran apabila bengkel ac mobil selalu kedatangan pelanggan untuk memperbaiki ac mobil mereka. Untuk itu ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar ac mobil kita tetap awet untuk dipakai.

  1. Menjaga kebersihan mobil

Apapun jenis mobil yang Anda gunakan, kebersihan mobil merupakan syarat wajib bagi pemilik mobil. Jika bagian dalam mobil kotor, debu bisa masuk ke  filter AC dan mempengaruhi kinerja AC. Dalam hal ini, meskipun AC dihidupkan, bagian dalam mobil tidak terasa dingin.

  1. Jangan membuka jendela mobil saat AC menyala

Cara merawat AC mobil  selanjutnya adalah dengan mencegah jendela terbuka saat AC  menyala. Harus diingat bahwa AC mobil  tidak dirancang untuk mendinginkan ruangan yang luas. Saat jendela mobil terbuka,  AC menyala. Debu dan kotoran juga dapat terbang  ke  filter AC dan mempengaruhi kinerja AC.

  1. Larangan merokok di dalam mobil

Beberapa orang perlu merokok di dalam mobil  karena  bosan dan mengantuk. Namun, ini harus dihindari. Merokok di dalam mobil tidak hanya meninggalkan bau yang tidak sedap di dalam ruangan, tetapi juga dapat mencemari sirkuit AC dengan asap. Asap rokok memiliki peluang untuk memasuki sistem sirkulasi sistem pendingin udara dan mengendap. Akibatnya, udara yang keluar dari AC  bercampur dengan nikotin.

Asap rokok juga dapat menempel pada evaporator AC dan mempengaruhi kinerja AC. Perlu diingat bahwa AC evaporator  juga dikenal sebagai unit pendingin yang bertujuan mengeluarkan udara dingin dari kompartemen penumpang. Jika evaporator  rusak, Anda akan merasakan udara  panas di dalam kabin.

  1. Pembersihan AC Secara Reguler Kapasitor

AC berisi berbagai komponen. Salah satunya adalah kapasitor. Sesuai dengan namanya, tujuan dari kapasitor AC adalah untuk mengembun atau mengubah gas bertekanan tinggi (CFC) menjadi cairan. Jika Anda ingin AC lebih tahan lama dan terasa dingin, Anda perlu  perawatan  kondensor AC ini secara rutin. Selain itu, bersihkan juga kotoran dan debu yang menempel karena dapat menyebabkan korosi dan kebocoran.

  1. Menjaga filter kabin tetap bersih

Pada mobil  Jepang dan Korea,  filter kabin ini biasanya dipasang pada blower  AC dan di belakang laci dashboard.  Fungsi utama dari kabin filter  ini adalah untuk mencegah masuknya debu dan kotoran ke dalam evaporator. Oleh karena itu,  kebersihan filter kabin juga perlu dijaga.  Namun, seiring waktu, filter kabin ini biasanya  menjadi kotor. Jika  kondisinya  tidak terlalu bagus, filter kabin juga harus diganti agar AC  bekerja maksimal dan  mendinginkan  kabin.

Selain ac mobil terkadang mobil kita mengalami masalah lain seperti mesin, knalpot dan lain sebagainya yang mengharuskan kita memperbaiki mesin tersebut langsung di tempat agar mobil kita bisa beroperasi kembali. Untuk keamanan gunakan sarung tangan safety pada saat memperbaiki mesin untuk melindungi tangan kita dari panas dan risiko kecelakaan pada saat memperbaiki mesin tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.