July 26, 2021

6 Manfaat Bawang Putih Tunggal yang Dapat Dirasakan Tubuh

Selain obat produksi pabrik, saat ini obat herbal atau natural juga banyak diminati. Contohnya seperti bawang putih tunggal yang saat ini semakin populer dimanfaatkan oleh masyarakat. Sesuai dengan namanya, ini merupakan bawang putih yang hanya terdiri dari satu buah dalam satu wadah kulit. Bawang ini memang unik dan ternyata punya begitu banyak manfaat. 

Manfaat yang Didapatkan

Tidak sama dengan bawang putih yang sering dijumpai, bawang putih ini tidak digunakan sebagai bumbu masakan. Bawang putih ini lebih sering dipakai untuk obat herbal. Berikut adalah 6 manfaat yang dapat dirasakan tubuh dengan mengonsumsi bawang unik ini:

  • Menurunkan Kolesterol

Kadar kolesterol yang terlalu tinggi dalam darah bisa memberikan dampak fatal bagi tubuh. Konsumsi bawang putih ini dapat membantu menekan kadar kolesterol sehingga kembali ke angka normal. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi bawang ini selama 4 minggu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol sampai 12%. 

  • Meredakan Flu

Di tengah cuaca yang tidak menentu, flu sangat mudah menyerang. Bawang putih tunggal ini dapat bekerja efektif untuk meredakan flu yang Anda alami. Bawang ini memiliki kandungan belerang yang dapat membantu mengeluarkan dahak saat Anda terserang flu. Selain itu, bawang ini juga mengandung phytochemical yang bekerja efektif membasmi virus dan bakteri.

  • Mencegah Kanker

Bawang putih unik ini ternyata juga dipercaya efektif mencegah terjadinya penyakit kanker. Bawang ini mengandung organosulfur yang meningkatkan kemampuan kerja organ hati dalam mengeluarkan racun dari tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi bawang ini bisa menurunkan risiko terserang penyakit kanker perut dan usus besar.

  • Menjaga Stamina

Konsumsi bawang putih ini juga bisa membuat tubuh lebih bertenaga dan bersemangat. Diketahui bahwa bawang putih mengandung antioksidan serta senyawa yang bersifat antivirus dan antibakteri. Dengan kandungan ini, bawang putih bisa membantu membuat tubuh lebih bertenaga dan jauh lebih sehat. 

  • Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa berdampak fatal jika tidak dikendalikan dengan baik. Konsumsi bawang putih obat ini secara teratur bisa membantu mengendalikan tekanan darah. Ada kandungan sulfur yang diketahui bisa mengaktifkan produksi endotelium. Endotelium ini akan memicu relaksasi otot dan pelebaran pembuluh darah sehingga tekanan darah lebih terkendali. 

  • Meningkatkan Daya Ingat

Bawang putih ini tidak hanya bisa mencegah beragam penyakit tapi juga membantu menjaga kekuatan daya ingat Anda. Senyawa dalam bawang ini mampu mencegah terjadinya kerusakan sel-sel neuron otak. Selain itu, pertumbuhan sel neuron yang baru bisa dirangsang berkat adanya senyawa dalam bawang tunggal ini.

Itulah 6 manfaat yang bisa dirasakan tubuh dengan mengonsumsi bawang putih tunggal. Obat herbal ini dapat diperoleh dengan mudah terutama di toko-toko online. Apabila Anda menderita penyakit bawaan tertentu, maka konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk memastikan konsumsi bawang ini aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *